SKEMA KREDIT USAHA RAKYAT PT. BANK RAKYAT INDONESIA


Print E-mail

Persyaratan Calon Debitur UMKM dan Koperasi yang dapat mengakses Kredit Usaha Rakyat:
Individu (perorangan badan hukum), kelompok, koperasi yang melakukan usaha produktif dan memenuhi syarat antara lain:

  1. Legalitas perorangan dan Badan Usaha Hukum:
    • Individu: KTP dan Kartu Keluarga
    • Kelompok: Surat Pengukuhan Instansi terkait Surat Keterangan Usaha dari LurahjKepala Desa danj atau akte Notaris
    • Koperasi: AD/ART beserta perubahannya (4) Badan Hukum Lain sesuai ketentuan yang berlaku
  2. Perijinan usaha:
    • Untuk kredit dengan plafond sid Rp100 juta, ijin usaha a.l. TDP, Slur, dan SITU dapat digantikan dengan Surat Keterangan Usaha dari Kepala Desa/Lurah.
    • Pinjaman dengan plafond diatas Rp100 juta perijinan sesuai ketentuan yang berlaku.

UMKM dan Koperasi yang baru memulai usaha, minimal usahanya telah berjalan selama 6 bulan.

Jenis Kredit dan Jangka Waktu Kredit:

  1. Kredit Modal Kerja jangka waktu maksimal 3 tahun
  2. Kredit Investasi jangka waktu maksimal 5 tahun.

Besarnya nilai pinjaman disesuaikan dengan kelayakan usaha maksimal Rp. 500 juta.

Sharing dana sendiri untuk kredit Investasi minimum 35%.

Suku Bunga maks.16% pa, Reviewable sesuai ketentuan Pemerintah.

Bentuk Kredit: Prosedur Rekening Koran Maksimum CO menurun, untuk Kredit Musiman dapat sekaligus lunas (maksimal jangka waktu 1 tahun dengan pembayaran pokok dan bunga).

Biaya Administrasi dan provisi tidak dipungut.

Agunan

  1. Agunan pokok berupa proyek yang dibiayai.
  2. Agunan tambahan ringan dan tidak diwajibkan

Sistem dan prosedur kredit:

  1. UMKM dan Koperasi dapat mengajukan permohonan kredit; pinjaman ke Kantor Cabang BRI/ Kantor Cabang Pembantu.
  2. Permohonan kredit;pinjaman yang diajukan, harus dilampiri dengan dokumen pendukung antara lain:
  • Copy legalitas dan perijinan.
  • Data usaha dan dokumen untuk keperluan analisa kebutuhan kredit.
  • On the spot ke tempat usaha oleh Pejabat Kredit Lini.
  • Hasil analisa kebutuhan kredit dituangkan dalam Memorandum Analisa Kebutuhan Kredit sesuai ketentuan yang berlaku dan diajukan ke pejabat pemutus untuk mendapatkan putusan kredit.
Random Content
57 thoughts on “SKEMA KREDIT USAHA RAKYAT PT. BANK RAKYAT INDONESIA

  1. saya pemilik usaha kecil, tapi sudah berbadan hukum berupa CV.Namanya, CV Karya Usaha Mandiri, dan beralamat di komplek cimareme indah blok A-4 No. 10 Bandung Barat. usaha kecil saya bergerak di bidang sarana produksi pertanian ; benih, pupuk dan obat-obatan khususnya penyedia kebutuhan kacang koro pedang. Untuk mengembangkan usaha ini saya perlu kredit (KUR) sekitar Rp 100 juta. Yang jadi kendala, saya tidak memiliki agunan untuk kredit, selain kelayakan usaha dan barang-barang yang diperdagangkan. Mohon solusinya. sebagai tambahan, saya memiliki 5 orang pekerja, kantor yang harus dibiayai setiap bulannya. Tks

    • silakan konsultasi dengan Pihak BRI Unit terdekat…sampaikan kesulitan Anda kepada Mantri KUR mereka, 100 juta kebawah dilayani di Unit ..KUR dari pemerintah 1 – 100 juta dilayani di Unit, 100-500 juta di Cabang, semoga manfaat

  2. untuk ternak itik kan tidak memiliki badan hukum karena perseorangan, apa bisa mengajukan KUR untuk menambah modal? bagaiman prosedurnya? terimakasih

  3. saya ingin buka cabang baru untuk usaha warnet saya,.. warnet telah berjalan 2 tahun, tapi saya tidak mempunyai surat2 ijin seperti SIUP, dan surat2 badan hukum lain nya. modal yang di butuhkan @ Rp. 50 jt
    mohon bantuan nya ya,

  4. saya membaca di koran bahwa bank rata2 mengeluarkan KUR maka dari itu saya berminat untuk pengajuan tambahan modal usaha tapi yg masalah saya tdk tau cara pengajuan tsb sebab ujung2nya diminta jaminan?saya ingin mengembangan usaha penjualan alat pancing dan pakan ternak dan modal yg di butuhkan 75 juta.atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih

    • aturan memang musti menggunakan jaminan, tapi ada lho bank yang mengeluarkan pinjaman tanpa anggunan, hubungi BTPN 50-100 jt ok, kakak saya dapet pinjaman dari mereka juga, untuk usaha bengkel, segera hubungi bank BTPN di daerah anda

  5. Saya bekerja sebagai loper koran dan loper garam, saya membutuhkan sebuah kendaraan berupa sepeda motor untuk mununjang kinerja saya. saya membutuhkan kendaraan dg biaya sekitar 17 jt. kalau mau kredit ke dealer pasti bunga nya tinggi. apakah saya bisa meminjam melalui KUR BRI?? kalau bisa gmana prosedurnya?? bisa ndak kalau tidak ada agunan nya? maturnuwun

  6. Saya ibu rumah tangga yang mempunyai usaha jualan klontongan saya mencoba unutk mengajukan kredit Usaha Rakyat D i Bank BNI sebesar 5juta ,katanya dan saya baca di Internet,20 Jt Kebawah Progran Kur itu Tanpa Agunan ,akan tetapi apa yang saya dapatkan tetap diwajibkan adnya agunan minimal BPKB motor apakah benar begitu?

    • untuk jaga-2 resiko, mereka minta jaminan, walau tanpa legalitas notaris, jadi jaminan internal saja, ingat program KUR tanpa jaminan bukan bereanti tidak kepikir resiko, jamianan hanya menjaga komiten nasabah dan BANK untuk saling terus menjalankan fungsi masing-masing, jika anda sudah dipercaya BANK 50jt saja dikasih tanpa jaminan.

  7. saya membutuhkan modaluntuk usaha saya, jaminannya tanah beserta rumah diatasnya, usaha saya bergerak dibidang warnet, yang sudah jalan selama 2 tahun, gmn ya solusinya, demikian terima kasih

    • konsultasi ke pihak BANK yang anda inginkan, dan cari jalan keluarnya yang terbaik, dan pas..jika usaha anda prospek tidak alasan menolak pinjaman anda

  8. Saya memiliki usaha warung kecil didepan rumah,tapi sy membutuhkan modal tambahan!Sy pernah mengajukan pinjaman kebank bri tataaran tondano tp ujung2nya hrs ada jaminan dan kesannya terlalu dianggap remeh apa krn sy org miskin pak sampe mereka tak percy pada sy.Syarat semua tlh sy penuhi dan sy tdk pernah melakukan hal pidana.Mengapa tetangga sy bisa mendapatkan pinjaman dan dipermudah sedangkan sy dipersulit padahal ttga sy tdk pakai jaminan sm seperti saya,tolonglah sy pak hanya kalian yg bisa membantu saya keluar dr masalah ini.Hanya program kur satu2nya jawaban dr semua ini.Tolonglah saya pak…..
    Wasallam

    • program KUR tidak hanya di pasarkan di BANK BRI, bang BUMN semua pegang prgram itu, jaminan memang langkah awal untuk kontrol resiko, pakai BPKB sepeda motor juga boleh untuk pinjaman 5-10 jt, jika anda sudah dipercaya BANK tanpa jaminan bisa mencapai 20jt untuk program KUR dan ada lho BANK yang kasih pinjaman 50jt tanpa jaminan, tapi ingat mereka biasa pasang tarif bunga 1,5-2 % per bulan, hati-hati dan hitunglah kemampuan bayar anda, jangat sampai di macet, karena itu resiko sepanjang hidup anda, semoga manfaat.

  9. Saya seorang pedagang yg udah berjalan 5thn dan kalo mengajukan tmbhan modal krja gmn ya mengajukan KUR nya?agunan ada,syarat lengkap tp saya blum pernh mengajukan ke bank soalnya katanya urusanya ribet ini itu apa benar?

  10. pak apakah untuk seorang yang terjun di internet marketing bisa dapet KUR??? soalnya kita juga butuh biaya untuk sewa hosting, biaya internet, biaya SEO, dll….
    mohon infonya.

  11. Saya punya usaha warnet, 2 cabang warnet butuh untuk pengembangan usaha. dan saya juga sudah pernah dapat kur dengan jaminan bpkb. apakah saya bisa mendapatkan kur yang maksimal 20 jt tanpa agunan ?

  12. saya ingin mengajukan modal KUR, usaha saya bergerak dibidang clothing maker, sudag berjalan dua tahun. selama ini proses produksi masih saya lempar dan sekarang ingin punya alat sendiri. kira2 dana yg dibutuhkan 20jutan.
    saya mw tanya, bank apa yang lebih baik untuk mengajukan KUR ya?mohon bantuannya….

  13. BRI sekarang susah, aku ada usaha masih tanya2 yg lain. pendapatan saya minimal 1 juta per hari, masih di persulit, padal saya sudah jadi nasabah selama 4 tahun.

  14. sy usha maklun bordir korneli,sy butuh tambahn mesin (senilai @15jt) utk mnunjang usha sy,dn sy msih punya angsurn (bkn KUR) k bank.apkh sy bs mndaptkn progrm KUR?
    trimksih sblmnya ats info nya.

  15. saya seorang petani, dan punya usaha sampingan pedagang kecil2an.ketika saya mendapat informasi tentang KUR saya sangat tertarik untuk tambahan modal usaha saya.yang ingin saya tanyakan berapa bunga yang dipatok BRI untuk program KUR ini, dan apabila saya sudah melengkapi semua berkas dan agunan kira2 berapa lama prosesnya?

  16. Pak yang dimaksut TKI bisa mengajukan pinjaman (KUR) itu apa posisi masih kerja di luar negri? Kalau baru pulang seperti saya ini apa bisa mengajukan pinjaman (KUR)?

  17. saya punya usaha ..pegawai bank ud dtg k rmh saya..dya minta fotocopy ktp ama kartu keluarga sya..brp hari kemudian dia menanyakan kp saya apakah saya pernah berhutang kpd bank apa tidak…

    apabila sya punya hutang dlu yg tidak terlunas kan apa saya tdk dpat mengikuti program KUR trsebut..?

    • sebaiknya anda melunasi hutang anda dahulu, krn daftar hutang belum terlunasi maka anda sudah masuk Daftar Hitam di BI yang bisa diakses bank manapun.

      • betul-betul ..BI cek-ing biasa untuk sebuah rujukan, track record nasabah terhadabp prestasi yang ia torehkan dalam dunia keuangan

  18. saya punya usaha warnet sudah enam bulan berjalan.saya ingin mengembangkan usaha saya.dan ingin mengajukan pinjaman KUR kira kira Rp 20 jt.saya tidak tau harus ke bank mana yang lebih gampang prosesnya mohon bantuannya.terima kasih

  19. Rumah saya sudah lama mendirikan kost-kostan yang saya tempati sekarang ini, usaha saya berjalan lancar dan sudah lama berdiri sejak tahun 1980an. Kami ingin menambah kamar kost dan renovasi karena ada bangunan yang rusak. Kemudian saya mengajukan peminjaman Dana lewat KUR di Bank Rakyat Indonesia unit Lempuyangan Yogyakarta terdaftar tanggal 22 Maret 2013, sebesar 10 juta. Kendala kami adalah sampai sekarang belum ada penurunan dana yang mana dari pihak Bank sudah menjanjikan selama 1 minggu. kami sudah menelpon sebanyak 3x diterima dengan jawaban dalam proses.
    1. Apakah pengajuan Dana KUR di BRI Yogyakarta ada ketentuan waktu pencairan dana sampai 1 minggu lebih.
    2. Kendala apa yang membuat waktu pengajuan Dana KUR sampai lama berminggu2, apakah waktu proses pendataan
    membutuhkan waktu lebih dari 1 minggu.
    Mohon penjelasannya dan mohon segera diproses secepatnya.
    Terima kasih atas kerja samanya yang baik.

  20. sebelumnya saya sudah buka usaha bengkel mobil servis AC dll d kota bandung namun sekarang pindah ke kab bandung yg mnjadi kendala adalah modal awal gmn caranya tuk pnjm modal d KUR yg syariah?trims

  21. maaf sy seorang pedagang ayam goreng dan suami saya buka bengkel tambal ban. sy perlu modal sbesar 10jt, tp saya mempunyai kredit mikro d.bank lain. Apa sy bisa mengajukan pinjaman lagi? tlong jawabanya sgera. terima kasih.

    • KUR diperuntukkan bagi masyarakat UKM yang belub, pinjaman berikutnya akan endapat kouta yang lebihm/tidak sedang menikmati program kredit sejenis …tahan dulu dan angsur dengan tertib, pinjaman berikutnya akan mendapatkan prioritas dan nilai yang lebih…

  22. Saya ingin membuka kolam pemancingan, saya punya tmpat 0,5 ha, perkiraan dana yg dibthkan 30an jta, saya tdak punya apapun yg bisa diagunkan..mhn bntuan, trmksh sblmnya..

Berikan Balasan

