Konsep Komunikasi Digital untuk Komunikasi Darurat


From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

E-mail gateway Internet untuk Emergency Communication (EMCOM)

Oleh: Onno W. Purbo YC0MLC

Pada saat terjadi bencana alam, komunikasi data Internet menjadi sangat kritis untuk dapat mengirimkan informasi secara akurat tentang kondisi di lapangan ke lokasi pusat pengendali di kota. Bagi anda yang biasa menggunakan Internet pasti tahu manfaat dari e-mail maupun SMS yang memungkinkan komunikasi secara akurat dalam waktu yang sangat singkat.

Sialnya, pada saat bencana alam kebanyakan infrastruktur telekomunikasi yang biasa kita kenal biasanya tewas terlanda bencana alam. Komunikasi emergency yang biasanya dilakukan menggunakan peralatan radio konvensional yang dimiliki oleh rekan-rekan amatir radio pada frekuensi HF maupun VHF. Internet dan komunikasi data merupakan hal yang langka apalagi Internet.

Pada kesempatan ini akan di ajukan sebuah konfigurasi sistem berbasis teknologi amatir radio yang memungkinkan komunikasi e-mail ke Internet dilakukan menggunakan sarana komunikasi HF maupun VHF yang dimiliki amatir radio tanpa perlu menambahkan modem khusus tapi menggunakan sound card yang pada PC.

 

Blok diagram sistem yang dapat dikembangkan adalah tampak pada gambar. Pada dasarnya semua PC / laptop / netbook akan berkomunikasi satu sama lain menggunakan radio. Sebuah PC di pusat akan menjadi gateway untuk merelay e-mail dari PC / laptop di lapangan ke Internet.

Peralatan yang dibutuhkan sangat sederhana sekali

  • Netbook / laptop
Rangkaian Interface untuk PSK31, RTTY, CW dengan proteksi RF Feedback

 

Rangkaian Interface untuk PSK31, RTTY, CW dengan proteksi RF Feedback

  • Rangkaian Interface untuk mengaktifkan PTT dari PC seperti tampak pada gambar. Rangkaian tersebut hanya tersebut intinya hanya opto-coupler dan trafo saja sebenarnya.
  • Software yang dibutuhkan adalah Fldigi dan PSKmail.

[edit] Skenario secara umum

  • Data dikirim antar komputer menggunakan modulasi yang ada di software Fldigi. Biasanya di HF 10.148MHz menggunakan modulasi BPSK-250. Jadi software fldigi harus di operasikan di semua komputer.
  • E-mail dikirim dengan cara menjalankan PSKmail client pada laptop / netbook di lapangan.
  • Gateway ke Internet dilakukan oleh software PSKmail server pada server yang tersambung ke Internet.
  • Semua software akan lebih mudah di operasikan di sistem operasi Linux. Windows tidak terlalu di sarankan untuk operasi ini.

[edit] Pranala Menarik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s