4 Perusahaan Bakal Garap 5.748 Desa ‘Pinter’


JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melalui panitia Panitia Tender USO Internet Kecamatan mengumumkan pemenang lelang Tender Internet Kecamatan. Sebanyak empat perusahaan secara resmi akan menggarap 11 zona wilayah Internet kecamatan atau yang lebih dikenal dengan nama ‘Desa Pinter’.

Keempat Perusahaan tersebut, menurut Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemkominfo, Gatot S Dewa Broto adalah Telkom, Jastrindo Dinamika, Sarana Insan Muda Selaras, Aplikasinusa Lintas Arta.

“Nantinya, program yang lebih dikenal dengan desa pinter ini diperuntukkan bagi sekitar 5.748 kecamatan di seluruh Indonesia,” kata Gatot dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (13/3/2010).

Lokasi pengadaan layanan internet di kecamatan tersebut sudah ditentukan dan diusahakan di tempat strategis di kecamatan sehingga mudah diakses dan berada dekat dengan lembaga pemerintahan, pendidikan dan lain-lain.

Layanan akses internet USO ini dapat digunakan sebagai tempat pengenalan internet dan komputer guna meningkat produktifitas dan pemanfaatan untuk peningkatan ekonomi.

Masing-masing perusahaan akan menggarap sejumlah wilayah. Telkom akan mengerjakan paket 1 (Nanggroe Aceh Darussalam dan Sumatera Utara), 10 (Sulawesi Utara, Gorontalo dan Sulawesi Tengah) dan 11 (Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara).

Aplikasinusa Lintas Arta akan mengerjakan paket 7 (Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur), paket 8 (Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur), dan paket 9 (Maluku, Maluku Utara, Irian Jaya Barat dan Papua). Sementara Jastrindo Dinamika memenangi tender paket 2 (Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu dan Riau), 3 (Sumatera Selatan, Lampung, Bangka Belitung dan Kepulayan Riau) dan 6 (Jawa Timur).

Untuk paket 4 (Jawa Barat dan Banten) dan 5 (Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta) dimenangi Sarana Insan Muda Selaras.

Ditambahkan Gatot, pada awalnya, proses pra kualifikasi diikuti sekira 25 peserta yang merupakan penyelenggara akses internet, yang kemudian ternyata hanya tersaring sebanyak 19 peserta yang lulus pra kualifikasi. “Namun ketika saatnya harus menyampaikan sampul tahap pertama, hanya terdapat 9 peserta yang mampu tepat waktu dan dinyatakan secara administratif berhak memasukaan dokumennya pada tanggal 21 Januari 2010,” kata Gatot.
(ugo)

from : http://techno.okezone.com/read/2010/03/13/54/312230/4-perusahaan-bakal-garap-5-748-desa-pinter

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s