Logo = Brand = Visi


“Mengapa para pelaku usaha mencantumkan logo pada setiap produknya?”

Karena melalui logo, konsumen bisa mengenali sebuah produk dengan lebih mudah.

Tepat sekali, ternyata penggunaan logo pada sebuah produk  membantu para pelaku usaha dalam memasarkan produk-produknya. Hal ini disebabkan oleh kebiasaan konsumen yang lebih mudah untuk mengingat sebuah gambar atau bentuk, dalam mengenali sebuah produk baru. Bahkan tak jarang para konsumen bisa membeli sebuah produk berdasarkan bentuk dan gambar yang mereka ingat, walaupun sebenarnya mereka lupa akan nama produk tersebut.

Pentingnya logo dalam pemasaran produk, memang disadari oleh para pelaku usaha. Bagi mereka, logo menjadi salah satu media promosi untuk mengenalkanbrand produk kepada konsumen. Sehingga dari ciri khas bentuk dan gambar yang ada, konsumen bisa membedakan suatu produk dengan produk lainnya.

Tips dan Trik Membuat Logo Produk
Agar Anda tidak salah dalam membuat logo produk, berikut kami informasikan tips dan trik membuat logo produk menjadi lebih menarik dan mudah diingat oleh konsumen :

1. Logo mudah diingat semua orang

Buat logo dengan bentuk yang sederhana, tetapi bisa mewakili pesan produk tersebut. Dengan begitu konsumen mudah mengingat sebuah produk, dari logo yang dilihatnya. Contohnya saja produk coca-cola yang mencantumkan gambar botol pada logo produknya.

2. Buat logo yang unik dan menarik

Salah satu cara untuk membantu branding sebuah produk, yaitu dengan membuat logo yang unik dan menarik. Karena kebanyakan orang akan lebih mudah mengingat sesuatu yang unik. Selain itu hindari penggunaan logo yang sudah banyak digunakan perusahaan lain. Biasanya logo yang hampir-hampir mirip, membuat konsumen kesulitan membedakan produk Anda dengan produk lainnya.

3. Hindari logo yang bersifat musiman

Pastikan logo yang Anda gunakan bersifat abadi. Adanya pergantian logo sesuai dengan musim atau trend yang ada, hanya akan merusak image atau brand yang selama ini sudah terbentuk. Karena konsumen sudah terlanjur mengenali produk Anda, dari logo yang terdahulu.

4. Pilih warna dan desain logo produk yang bisa digunakan di semua media

Ini dimaksudkan agar logo Anda bisa cocok dicetak dalam berbagai ukuran dan media. Banyak pelaku usaha yang menggunakan strategi pemasaran dengan mencantumkan logo produk melalui berbagai alat promosi, seperti baner, spanduk, kartu nama, brosur, serta media lain yang ukurannya lebih kecil. Jadi, sebaiknya pilih perpaduan warna dan desain yang bisa disesuaikan dengan semua media promosi yang Anda gunakan.

Dari pembahasan diatas, bisa disimpulkan bahwa dengan adanya logo produk cukup membantu proses branding (brand building) suatu produk. Oleh karena itu, sebelum Anda membuat logo untuk sebuah produk, sebaiknya perhatikan beberapa hal tersebut. Sekian informasi pemasaran bisnis untuk pekan ini, semoga informasi yang sedikit tersebut bisa membantu kesuksesan bisnis Anda. Salam sukses.

Info terkait :
– Kiat membangun brand yang kuat ala Hermawan Kartajaya
– Merek Sejati (bag. 1) Berfikir sebagai sebuah merek
– Merek Sejati (bag. 2)

Sumber gambar : Tim Bisnis UKM

 

One thought on “Logo = Brand = Visi

  1. Sebenarnya masalah logo bisa dipelajari tetapi yang terpenting bagaimana sebuah produk punya keberanian mencantumkan logo, masih banyak produk UKM tertentu tidak berani mencantumkan logo, tetapi lebih pada memproduk logo terserah pemesan/atau pemesan sudah punya merk para pelaku UKM tinggal produksi dari permasalahan ini lah yang perlu kita cari akar permasalahanya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s