Siaran Pers No. 211/PIH/KOMINFO/11/2009


Siaran Pers No. 211/PIH/KOMINFO/11/2009 tentang Konsultasi Publik Terhadap Sistim Informasi Monitoring dan Manajemen Pusat Layanan Internet Kecamatan Searah Dengan Pelaksanaan Tender USO Untuk Penyediaan Layanan Akses Internet Kecamatan

(Jakarta, 6 November 2009).

Sebagaimana disebutkan pada Siaran Pers No. 208/PIH/KOMINFO/10/2009 tertanggal 29 Oktober 2009, Panitia Pangadaan Penyediaan Pusat Layanan Jasa Akses Internet Kecamatan KPU/USO atau yang lebih dikenal dengan nama Panitia Tender Jasa Akses Internet USO BTIP (Balai Telekomunikasi dan Informatika Perdesaan) telah mengumumkan adanya 19 peserta tender USO untuk jasa akses internet kecamatan yang telah dinyatakam lulus tahap prakualifikasi (dari 25 peserta yang dievaluasi). Sambil menunggu tahap tender berikutnya, maka BTIP Ditjen Postel secara paralel mulai hari ini bermaksud melakukan konsultasi publik dengan tujuan untuk memperoleh tanggapan dari masyarakat terkait dengan SIMM-LIK (Sistim Informasi Monitoring dan Manajemen Pusat Layanan Internet Kecamatan), yang fungsinya adalah melakukan manajemen dan monitoring terhadap PLIK (Pusat Layanan Internet Kecamatan).

Pada PLIK ini, BTIP Ditjen Postel sejak beberapa waktu lalu masih terus menyempurnakan antara lain tentang spesifik konten/konten yang telah ditentukan (pendidikan, pertanian, hiburan, berita, dan komersial yang akan disediakan oleh pihak ketiga) serta konten internet sehat dan aman sesuai dengan kebijakan Ditjen Aplikasi Telematika, dimana nantinya dalam operasionalisasinya diperlukan manajemen dan monitoring PLIK secara terpusat. Fungsi manajemen dan monitoring PLIK tersebut di atas akan dilakukan oleh SIMM-PLIK yang merupakan gateway PLIK milik BTIP di Jakarta (collocation) yang akan terhubung dengan upstream internet (internasional dan lokal/IIX) dan pihak ketiga penyedia konten untuk menyediakan layanan konten PLIK (push content) . Mengingat vitalnya keberadaan SIMM-PLIK dimaksud, dalam waktu dekat ini BTIP akan melaksanakan lelang penyediaan SIMM-PLIK dan penyediaan upstream internet secara pararel dengan lelang yang saat ini sedang berlangsung.

SIMM-PLIK merupakan Gerbang Pusat Layanan Internet Kecamatan ( Gateway PLIK) di Jakarta yang memungkinkan layanan 5.748 PLIK atau 28.740 PC (Personal Computer) client dapat diselenggarakan secara terpusat dan terjamin keberlangsungan layanannya ( sustainability ).Program Aplikasi SIMM-PLIK ini memiliki kemampuan antara lain sebagai berikut:

  1. Layanan Internet (lokal dan internasional), yaitu kemampuan untuk mendukung layanan Internet Sehat dan Aman (INSAN) di setiap PLIK.
  2. Manajemen dan Distribusi Konten, yaitu kemampuan untuk mengatur dan menyebarkan konten baik berupa konten informasi internet (lokal dan internasional) dan konten yang telah ditentukan ke setiap PLIK.
  3. Komunikasi PLIK, yaitu kemampuan untuk melakukan instant messaging (data, voice, video) dan layanan surat elektronik/ electronic mail ( e-mail ) yang dapat digunakan antar pelanggan/ user PLIK secara aman.
  4. Manajemen User dan Komputer PLIK, yaitu kemampuan untuk melakukan pengaturan kewenangan user dan Komputer PLIK.
  5. Policy Enforcement , yaitu kemampuan untuk mengimplementasikan kebijakan baru terkait dengan manajemen dan monitoring konten secara mudah, terpusat, dan terintegrasi.
  6. Monitoring Komputer PLIK, yaitu kemampuan untuk memantau kesehatan, tingkat utilisasi, dan performance seluruh Komputer PLIK.
  7. Manajemen Komputer PLIK, yaitu kemampuan untuk menginvetarisasi seluruh perangkat keras dan perangkat lunak Komputer PLIK secara terpusat dari SIMM-LIK.
  8. Optimalisasi Bandwidth , yaitu kemampuan untuk membuat cache pada Server PLIK dari konten yang pernah diakses oleh user dari SIMM-LIK, sehingga user lain secara otomatis dapat menggunakan cache tersebut, maka penggunaan bandwidth jaringan akan lebih efisien.
  9. Anti Virus , yaitu kemampuan untuk mendeteksi dan mencegah virus yang dapat merusak perangkat keras, perangkat lunak, aplikasi, dan konten yang ada pada SIMM-LIK.
  10. Internet Proxy , yaitu untuk penggunaan bandwidth internet lebih efisiesn, sehingga user tidak harus selalu mengakses informasi internet yang diperlukan langsung ke internet.
  11. Pelaporan, yaitu untuk mengumpulkan dan menganalisa data-data yang diperoleh dari hasil manajemen dan monitoring SIMM-LIK terhadap Layanan dan Komputer PLIK yang ditampilkan dalam bentuk format laporan dan dashboard interaktif.

Seluruh infrastruktur diatas harus siap dengan prasyarat fungsi monitoring yang akan dioperasikan di kemudian hari. Fungsi-fungsi monitoring yang dimaksud diantaranya adalah:

  1. Mengukur dan memonitor Response Time aplikasi end-user (Client Time, Network Time dan Server Time) di berbagai aplikasi komersial (MIMs, Lotus Notes, Outlook , dll) dan kustom aplikasi windows atau web yang berbasis TCP/IP berdasarkan perspektif End User .
  2. Pelaporan mencakup performansi Network , Sistem dan aplikasi .
  3. Menghasilkan laporan Perjanjian Tingkat Pelayanan ( Service Level Agreement ) berdasarkan hirarkis .
  4. Mengenali dan mengidentifikasi infrastruktur ( network , sistem dan Aplikasi) TI ( Discovery ) .
  5. Memonitor performansi: aplikasi komersial, custom maupun branded ; router ; switch ; WAN ; dan server .
  6. Memastikan Akurasi informasi Infrastruktur ( network , sistem dan Aplikasi) TI .
  7. Mengorganisasi Infrastruktur ( network , sistem dan Aplikasi) TI kedalam suatu kelompok .
  8. Memberikan saran akan kebutuhan rencana kapasitas ( Capacity Planning ) Menurun atau menaik berdasarkan kecenderungan penggunaan sumber daya Teknologi Informasi yang sangat kritis .
  9. Sistem harus dapat menjadwalkan laporan regular performansi infratruktur ( network , sistem dan Aplikasi) TI .

Program Aplikasi PLIK sebagai aplikasi yang akan digunakan oleh setiap User PLIK dengan kemampuan antara lain sebagai berikut:

  1. Jendela Utama, yaitu sebagai tampilan utama untuk menampilkan setiap modul, konten maupun halaman web yang dibuka. User tidak beralih ke tampilan berbeda/jendela lain untuk dapat mengakses modul, konten, maupun halaman web.
  2. Address bar, yaitu address bar yang dimiliki oleh web browser pada umumnya dan digunakan untuk mengakses halaman web yang tersedia di internet untuk ditampilkan pada Jendela Utama.
  3. Tool Bar Menu, yaitu sebagai panduan untuk menampilkan setiap setiap modul, konten, aplikasi yang tersedia pada Layanan PLIK. Tool Bar Menu tersebut dapat dimodifikasi sesuai dengan perkembangan modul, konten, dan aplikasi yang akan disediakan.
  4. Iklan Gambar, yaitu kemampuan untuk menampilkan konten iklan dalam bentuk gambar maupun video.
  5. Ticker Berita, yaitu kemampuan untuk menampilkan konten berita yang berjalan pada sisi Jendela Utama.
  6. Ticker Iklan, yaitu kemampuan untuk menampilkan konten iklan yang berjalan pada sisi Jendela Utama.

Untuk point tentang SIMM-PLIK ini, yang menjadi pertanyaan agar diperoleh tanggapan adalah: Bagaimana konfigurasi dan spesifikasi teknis SIMM-LIK agar fungsi tersebut di atas dapat dicapai dengan kondisi PLIK yang heterogen dalam hal Operating System (OS)?.

Berikutnya adalah tentang Upstream Internet SIMM-PLIK. Koneksi internet (internasional dan lokal) dari Internet Service Provider (ISP) ke SIMM-LIK secara bulk untuk menyediakan koneksi internet di 5.748 PLIK atau 28.740 PC ( Personal Computer ) client untuk memberikan internet experience kepada user PLIK. Layanan internet tersebut merupakan salah satu konten tambahan disamping konten yang telah disediakan SIMM-LIK bersama pihak ketiga sebagai konten utama. Sedangkan untuk point tentang Upstream Internet SIMM-PLIK ini pertanyaan yang perlu ditanggapi adalah: Berapa kebutuhan koneksi internet bulk internasional dan lokal yang harus menjadi upstream SIMM-LIK agar setiap PLIK (dengan 5 PC client ) dapat menikmati internet experience yang merupakan konten tambahan dari layanan PLIK?

Adanya dua pertanyaan dimana BTIP-Ditjen Postel menginginkan adanya tanggapan dari publik ini bukan berarti BTIP-Ditjen Postel belum mempersiapkan secara komprehensif. BTIP-Ditjen Postel sesungguhnya sudah memiliki konsepsi dan grand design yang ada. Karena jika belum ada konsepsinya, tidak mungkin BTIP-Ditjen Postel dapat menyampaikan deskripsinya secara lengkap dan sistematis sebagaimana tersebut di atas. Hanya saja, agar diperoleh adanya harmonisasi yang optimal antara pandangan BTIP-Ditjen Postel dengan masyarakat umum (khususnya yang terkait langsung), maka Ditjen postel melalui Siaran Pers ini mengadakan konsultasi publik dengan tujuan untuk memperoleh tanggapan publik bagi penyempurnaan SIMM-PLIK yang disusun oleh BTIP-Ditjen Postel. Tanggapan tersebut diharapkan dapat diterima paling lambat tanggal 13 November 2009 ke alamat email: gatot_b@postel.go.id dan santososerad@yahoo.com .

——————-

Kepala Pusat Informasi dan Humas Departemen Kominfo (Gatot S. Dewa Broto; HP: 0811898504; Email: gatot_b@postel.go.id ; Tel/Fax: 021.3504024).

Artikel-artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s