Tips & Tricks on CV Writing


Tips & Tricks on CV Writing

Posted: 11 Jul 2011 03:44 PM PDT

Kemampuan menulis CV (Curriculum Vitae) merupakan salah satu skill yang sangat penting saat Anda hendak memasuki dunia kerja atau saat Anda ingin masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau mengikuti kompetisi internasional/nasional atau mengikuti acara-acara besar lainnya dari berbagai perusahaan. Beberapa perusahaan lainnya, menamakan CV sebagai “resume” pribadi seseorang. Sebenarnya,  sebelum Anda nanti memaparkan & merangkumkan pengalaman & prestasi Anda di CV, sebaiknya saya sarankan agar Anda melakukan kegiatan introspeksi pribadi terlebih dahulu secara singkat. Hal introspeksi tersebut dapat mencakup pilihan kerja yang Anda buat, hal apa saja yang sudah kalian pelajari dari pengalaman kerja sebelumnya dan berdasarkan pengalaman organisasi / kepanitiaan. Selain itu, Anda dapat introspeksi juga apa saja prestasi yang pernah kalian raih, serta education & skill yang sudah kalian kuasai dengan baik.

Anda tahu mengapa banyak sekali orang gagal dalam menulis CV? Apa yang membedakan CV yang baik dan CV yang sedang-sedang saja, atau bahkan CV yang buruk? Mungkin tips & tricks dalam penulisan CV, yang saya peroleh dari pengalaman saya, dapat mencerahkan kalian semua. Beberapa kriteria penting yang harus terlihat pada CV yang Anda buat adalah sebagai berikut:

1. Good CV will tell who you are.

CV yang baik akan mendeskripsikan siapa Anda dengan tepat bagi calon perusahaan yang Anda lamar.  Anda harus memaparkan diri pribadi Anda dengan tepat, hal yang benar-benar terjadi pada hidup Anda di masa lalu (pengalaman Anda), apa yang menjadi kekuatan Anda, mengapa Anda penting dan berbeda dengan yang lain, serta alasan mengapa perusahaan harus memberikan posisi yang Anda lamar ke Anda, bukan ke orang lainnya. Anda harus membuat CV dengan jujur. Dilarang keras bagi Anda semua untuk mengarang-ngarang pengalaman Anda dan sengaja menuliskan pengalaman atau skill yang Anda tidak bisa kuasai dengan baik. Hal tersebut akan mudah sekali diketahui oleh para interviewer / pihak HR suatu perusahaan ketika Anda berbohong di CV Anda dan efeknya akan sangat negatif jikalau Anda ketahuan berbohong. Penalti yang keraspun akan menjadi hukuman bagi Anda yang tidak jujur di CV Anda.

Anda dapat memaparkan pendidikan akademik Anda, pengalaman bekerja, pengalaman beroganisasi/kepanitiaan, kemampuan bahasa, kemampuan lainnya (komputer, hobby, karakter Anda).

2. Good CV will create a positive impression.

CV yang baik akan menimbulkan impresi yang positif, bahkan sangat positif, saat CV tersebut dibaca / direview kurang dari 1 menit atau bahkan dalam beberapa detik saja. Impresi yang positif dibangun dari kemampuan komunikasi menulis Anda, CV yang jelas, dan mudah dimengerti. Good CV akan menarik pembacanya agar sangat terkagum-kagum oleh isi CV dalam waktu yang sangat singkat. Oleh karena itu, saya sarankan tuliskan pengalaman-pengalaman Anda yang sangat penting dan besar saja, tidak perlu semuanya, karena pihak HR sebuah perusahaan akan mereview
CV Anda dengan waktu yang sangat singkat/cepat. Banyak sekali CV yang mereka harus review saat itu pula.

Anda dapat bayangkan jikalau suatu perusahaan membuka lowongan pekerjaan, pihak perusahaan akan menerima ratusan bahkan ribuan aplikan yang melamar kerja dan memberikan CV nya untuk direview. Bayangkan saja, jikalau CV Anda memiliki tebal sampai 10 halaman. CV Anda akan sangat membebankan si pemeriksa, apalagi jika Anda memasukkan segala pengalaman hidup Anda disana, padahal banyak sekali pengalaman yang tidak signifikan. Mitos bahwa semakin banyak halaman CV kita, maka semakin baik kualitas CV kita, adalah hal yang keliru. Hal tersebut malah akan mengurangi impresi positif yang diberikan oleh CV tersebut. Sebaiknya Anda memasukkan pengalaman yang sangat penting  / sangat signifikan saja. Saya sarankan buatlah CV sekitar 1-2 halaman saja dengan konten pengalaman & skill yang paling signifikan, yang paling Anda banggakan selama ini dan sesuai dengan posisi yang Anda lamar. Fokuskanlah pada deskripsi key achievements / key accomplishments Anda saja. Format pada CV (rata kiri, rata kanan, keseragaman ukuran & jenis huruf, serta spasi) ternyata menjadi komponen lain penentu impresi positif atau tidak dari sebuah CV.

Dalam menampilkan impresi yang positif, Anda harus konsisten dalam menulis di CV Anda, rapi dalam tata format CV, melakukan spell check, grammar check, dan language check, meminta saran & kritik dari teman/sahabat Anda, dan mereviewnya sendiri sebelum mengumpulkannya.

3. Good CV will describe your key accomplishments.

CV yang baik akan mengkomunikasikan keahlian Anda (area of expertise Anda), misalnya Anda seorang ahli di supply chain management, energy technology, dll. CV tersebut harus menjelaskan keahlian spesifik Anda dan proyek/pengalaman kerja yang Anda pernah peroleh di masa lampau. Jikalau Anda dapat memaparkan pengalaman kerja / organisasi yang berhubungan langsung dengan posisi pekerjaan yang Anda lamar, hal tersebut adalah hal yang luar biasa. Hal yang harus dijelaskan secara general adalah apa tantangan yang Anda hadapi / kerjakan, apa prestasi Anda, dan dampak dari pekerjaan Anda di posisi yang lampau. Tuliskanlah prestasi/pencapaian Anda secara detail dan kuantitatif sebisa mungkin, jangan hanya menuliskan list proyek/pengalaman kerja Anda. Misalnya: “Saya memiliki pengalaman kerja dalam rangka program kerja praktek, Juni-Agustus 2009, di PT A sebagai Process Engineer Trainee. Saya melakukan analisis data di unit X, sebanyak 2 x setiap harinya, lalu saya berhasil membuat model  yang dapat menghampiri data aktual rata-rata di unit X hingga 90% dengan program Y, dst….” Tips berikutnya adalah jelaskan konteks/situasi yang pernah alami, apa yang Anda lakukan, dan apa hasil yang diperoleh dari yang Anda lakukan, serta perkuatlah redaksi yang Anda tulis dengan kata yang tepat dan menarik untuk dibaca oleh siapapun.

Demikianlah, tiga poin tips & trick yang saya dapat bagikan ke pembaca Majari semuanya dalam kesempatan ini. Semoga berguna bagi peningkatan kualitas Anda dalam membuat CV terbaik Anda. Sukses selalu!

Salam,

Ivan Hadinata Rimbualam

sebuah surel dari Majari Magazine

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s