Pembangkit listrik tenaga hampa? Ini dia ciptaan Slamet


MALANG: Pemkab Malang memuji temuan salah satu warganya, Slamet Haryanto, warga Desa Ngroto Kecamatan Pujon Kabupaten Malang, yang berhasil menciptakan generator tanpa bahan bakar yang dinamai Pembangkit Listrik Tenaga Hampa (PLTH).

 

Secara khusus Bupati Malang, H. Rendra Kresna, telah mengunjungi rumah Slamet Haryanto sekaligus melihat dari dekat  generator tanpa bahan bakar hasil karyanya itu. Karya tersebut oleh Pemkab Malang akan segera difasilitasi untuk mendapatkan hak paten.

 

Bupati Malang, H. Rendra Kresna, mengaku bangga atas temuan tersebut. Bahkan pihaknya mengapresiasi usaha Slamet dalam menciptakan energi baru terbarukan tersebut.
“Penemuan ini ke depan akan sangat berguna dan menjadi harapan bagi bangsa. Karena itu pemkab akan membantu mematenkan PLTH tersebut,” kata Rendra Kresna di Malang, Rabu (25/7).
Harapannya, ujar bupati, kalau nanti bisa diproduksi secara massal dengan harga murah, Kabupaten Malang juga bisa memanfaatkan untuk menerangi sejumlah dusun yang belum diterangi listrik.
Menurut Slamet Haryanto, PLTH tersebut sangat berguna untuk digunakan  di pulau-pulau atau daerah-daerah terpencil yang belum teraliri listrik. Bahkan, Menteri BUMN Dahlan Iskan, beberapa hari lalu, juga telah memesan generator buatannya.

 

“Saya  juga diminta segera mematenkan PLTH agar tidak ditiru atau dibajak orang lain,” jelas Slamet.
Menteri BUMN, lanjut dia, juga siap berkunjung ke Pujon bersama pimpinan PLN lainnya.  Dijelaskan Slamet, dirinya telah melakukan riset pembuatan PLTH tersebut sejak 1997. Dan pada 2008 berhasil dibuat prototipe pertama bertegangan 380 volt dan berdaya 13 kilowatt (KW). (k25/arh)

sumber : bisnis indonesia.com Rabu, 25 Juli 2012 | 21:30 WIB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s